Friday, February 15, 2013

MAKALAH
BUDIDAYA TANAMAN SEMUSIM

BUDIDAYA JAGUNG MANIS
(Zea mays saccharata)
 
 
Di susun oleh :
 
solehan.com
 
 
FAKULTAS KEHIDUPAN
UNIVERSITAS JAGAD RAYA
BLORA
2013 






BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG MANIS
(Zea mays saccharata)

I.    PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Jagung merupakan salah satu komoditas palawija utama penghasil karbohidrat, merupakan menu makanan yang bersifat substitusi bagi manusia dan bahan pakan bagi ternak. Jagung dapat dipakai sebagai bahan baku agroindustri, minyak,  gula dan makanan lain. Tanaman jagung (Zea mays L.) sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hewan (AAK, 1993 cit Isnawan, 2003). Jagung yang dibudidayakan di Indonesia bermacam – macam, antara lain : jagung untuk pangan (termasuk jagung manis), dan jagung untuk pakan ternak. Secara keseluruhan jagung adalah bahan pangan biji-bijian yang sangat penting bagi manusia juga ternak. Di Amerika Serikat, Kanada dan Australia tanaman ini umumnya disebut jagung. Semula jagung (corn) adalah istilah umum untuk biji-bijian atau serealia. Di Inggris, corn adalah istilah untuk gandum, sedangkan di Irlandia dan Skotlandia adalah istilah oat. Dengan demikian, istilah corn digunakan untuk menamai spesies biji-bijian baru yang ditemukan oleh penduduk di benua Amerika dan bagi sebagian besar penduduk dunia mengenal Zea mays sebagai jagung. Jagung memiliki adaptasi pertumbuhan yang luas sehingga memungkinkan ditanam secara ekstensif di berbagai daerah di dunia.
Jadi, jagung adalah merupakan komoditas palawija utama sebagai menu makanan subtitusi bagi manusia dan pakan ternak.
Jagung manis (Zea mays saccharata) merupakan salah satu sayuran yang penting dan populer. Luas penanaman jagung manis di Indonesia setiap tahunnya berkisar 250 ha. Kepopuleran jagung manis meningkat dengan pesat di negara Eropa dan Asia, khususnya Jepang dan Cina yang produksinya cenderung meningkat.

Jagung manis merupakan bahan makanan tambahan dan sekarang mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Jagung manis di Indonesia awalnya dikenal lewat hasil pengalengan. Pada awal tahun 1980 mulai ditanam secara komersial dalam sekala kecil untuk memenuhi kebutuhan hotel dan restoran. Rasanya yang manis dan bentuknya yang kecil membuat banyak orang mulai melirik jagung untuk dikonsumsi, baik sebagai makanan maupun cemilan. Sampai sekarang jagung sangat diminati masyarakat karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan jagung manis, maka jagung mempunyai prospek yang cerah dengan menanam jagung secara komersil. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai cara budidaya tanaman jagung yang baik perlu diketahui oleh orang-orang yang berminat untuk menanamnya.

B.    Tujuan Pembahasan
1.    Dapat membudidayakan tanaman jagung manis.
2.    Dapat melakukan analisis pertumbuhan tanaman.
3.    Dapat melakukan pengukuran petak ubinan.












=======================================================================================

Untuk Membaca Makalah secara lengkap. Silahkan Download Makalahnya dibawah ini…
File : Document

===>>>DOWNLOAD<<<===



Atau lewat

===>>>DOWNLOAD-2<<<===



By : Solehan.com

WARNING!!!!!
Tunggu 5 Detik….
Klik SKIP AD untuk melanjutkan Download….!!!!

0 komentar:

Post a Comment

==========================
Berkomentarlah yang baik..
"Terima Kasih"
==========================

Random Post